✓ 10 Profesi Saat Mengambil Jurusan RPL

10 Profesi Saat Mengambil Jurusan RPL



Profesi yang bisa didapatkan saat mengambil jurusan rekayasa perangkat lunak ( RPL ) - Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.[1]

rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)

2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)

3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)

4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya

5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)[2]

Berikut Profesi yang bisa kalian Dapatkan setelah lulus dari sekolah mengambil Jurusan SMK :
  1. Software Engineer – Berperan mengembangkan perangkat lunak untuk memenuhi keperluan klien. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan, games, telekomunikasi , dan lain-lain, termasuk perangkat lunak model simulasi.
  2. Programmer – Membuat program sebagai perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu, menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan,  media, instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya.
  3. IT Consultant – Berperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi.
  4. System Analyst dan System Integrator – Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan atau organisasi dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak.
  5. Database Engineer / Database Administrator – Berperan dalam perencanaan dan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse) untuk suatu istansi atau perusahaan.
  6. Web Engineer / Web Administrator – Bertugas merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan diatasnya. Ia juga bertanggung jawab melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.
  7. Computer Network / Data Communication Engineer – Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer, serta melakukan perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu instansi maupun perusahaan.
  8. Game Developer – Pengembang perangkat lunak multimedia game.
  9. Intelligent System Developer –   Berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.
  10. Software Tester – Berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak. 

Belum ada Komentar untuk "10 Profesi Saat Mengambil Jurusan RPL"

Posting Komentar

Komentarlah Dengan Relavant

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel